HUT RSJIK 28

05 Jul 2015

DUA PULUH DELAPAN TAHUN RUMAH SAKIT KU

RUMAH SAKIT JIWA ISLAM KLENDER JAKARTA TIMUR

(1987-2015)

 

Dua  Puluh Delapan Tahun Rumah Sakit Jiwa Islam Klender Jakarta Timur (1987-2015).

Krisis multidimensional yang melanda negeri ini membawa dampak yang cukup berat terhadap hampir seluruh sendi kehidupan, yang bisa menimbulkan gangguan jiwa. Gaya hidup masyarakat terpola dalam persaingan yang keras dalam upaya mempertahankan sumber-sumber penghidupan. Kemiskinan dan himpitan ekonomi juga merupakan penyebab banyaknya masyarakat yang menderita gangguan jiwa, banyak orang stress dan mengalami kecemasan. Jumlahnyapun makin meningkat ditambah dengan problema psikososial sebagai dampak dari globalisasi, modernisasi, industrialisasi, urbanisasi serta meningkatnya arus informasi dan komunikasi yang mengubah tata nilai kehidupan.

Sehat meliputi sehat jasmani, rohani dan sosial yang memungkinkan seseorang untuk hidup produktif secara maksimal. Pelayanan jiwa merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang didasarkan pada ilmu berbentuk pelayanan bio-psiko-sosio-spiritual yang komprehensif ditujukan kepada individu, keluarga dan masyarakat, baik sakit maupun sehat yang mencakup seluruh proses kehidupan manusia.Dengan pertimbangan hal tersebut, maka pemberian)Pelayanan jiwa, diberikan karena adanya kelemahan mental, keterbatasan pengetahuan serta kurangnya kemauan, untuk melaksanakan kehidupan sehari-hari secara mandiri. (Achiriyani

Saat ini diperkirakan ada 450 juta penderita gangguan jiwa di seluruh dunia (hasil studi beban kesehatan dunia, WHO,2007). Di tahun 2014 yang mengalami gangguan jiwa di Indonesia tercatat ada 1 juta gangguan jiwa berat dan 19 juta gangguan jiwa ringan.Hasil penelitian menyatakan 15 % dari populasi penduduk  Indonesia terdeteksi mengalami gangguan jiwa dan prosentasi itu juga berlaku di semua daerah. Tercatat di Jakarta 10.074 tahun 2006, meningkat menjadi 17.124 pada tahun 2007. Di RS Jiwa Islam Klender data untuk kunjungan rawat jalan ada 11694.

Rumah Sakit Jiwa Islam Klender merupakan salah satu amal usaha Muhammadiyah yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan, yang peduli kaum dhuafa.

Dengan pertimbangan semakin meningkatnya kebutuhan pelayanan jiwa, 28 tahun sudah RS Jiwa Islam Klender telah ikut berperan serta dalam memberikan pelayanan dalam kesehatan jiwa yang dilengkapi dengan pelayanan-pelayanan UGD, rawat jalan, rawat inap, penunjang serta pemeriksaan yang lain, termasuk pelayanan darurat psikiatri dan fisik.

Oleh karena itu, dengan 28 tahun pengabdian ini, maka perlu ada peningkatan penatalaksanaan  ke depan dan segera terhadap penderita gangguan jiwa agar dapat segera diatasi. Gangguan jiwa yang saat ini melanda semua kalangan, paling sedikit 10 hari pertama semenjak gejala gangguan kesehatan jiwa mencuat, sudah harus ditangani agar segera membaik. Bila dibiarkan saja maka gangguan jiwa itu akan menjadi menahun dan sulit untuk disembuhkan, sehingga menjadi beban keluarga.