SENAM RUTIN RS JIWA ISLAM KLENDER

16 Sep 2015

KEGIATAN SENAM RUTIN

DI RS. JIWA ISLAM KLENDER

 

Menjaga Kesegaran Tubuh dengan Melakukan Senam

 

Dalam rangka menjaga kebugaran tubuh baik karyawan, pasien dan rehabilitan, Rumah Sakit Jiwa Islam Klender mengadakan kegiatan senam pagi rutin setiap minggu sekali pada hari kamis, kegiatan senam ini juga tidak hanya semata-mata untuk karyawan dan pasien juga diikuti oleh para mahasiswa praktek kedokteran  (coas) dan juga mahasiswa praktek lainnya.

Kegiatan senam ini dilaksanakan dihalaman depan rumah sakit sehingga memuat cukup banyak peserta senam.  Disini kita melakukan berbagai jenis senam baik senam jantung maupun aerobic dan lainnya.

Dengan bimbingan pelatih ( instruktur) senam yang profesional yang kita datangkan dari luar rumah sakit  diharapkan akan membuat para peserta memperoleh kesegaran jasmani yang maksimal dan aman.

Apa Saja Manfaat dari Senam ?

Senam merupakan cabang olahraga yang gerakannya merupakan perpaduan dari kekuatan, keserasian dan kecepatan sehingga melatih otot tubuh lebih bugar dan berpengaruh pada system metabolism tubuh.

Sebagai salah satu jenis olahraga, secara umum senam bertujuan menjaga stamina tubuh dan melatih otot badan. Manfaat senam bagi tubuh adalah sebagai berikut :

1. Memperkuat Otot Tangan dan Kaki

         Gerakan senam sebagian besar bertumpu pada gerakan otot tangan dan kaki, semakin banyak berlatih, otot anggota gerakan bada  akan semakin kuat.

2. Membantu Kelancaran Sistem Pernafasan.

         Senam tidak hanya melatih otot luar namun juga organ tubuh bagian dalam, dengan gerakan-gerakan senam paru-paru bekerja          semakin optimal dan aliran oksigen berjalan lebih lancer sehingga  system metabolism tubuh berlangsung lebih efisien.

     3. Memperlancar Peredaran Darah.

         Gerakan-gerakan senam perlahan meningkatkan suhu tubuh, hal ini berpengaruh terhadap kondisi pembuluh darah, timbunan lemak               yang mungkin memenuhi peredaran darah dapat terbakar secara bertahap  sehingga system transportasi darah berjalan lancar.                   Resiko otot varises karena kurang gerak atau aktivitas yang terlalu berat dapat berkurang dengan melakukan senam secara teratur.

      4. Membantu Menjaga Berat Badan Ideal

  Gerakan-gerakan senam merupakan gerakan yang mampu membakar kalori, cadangan energi yang    tersimpan berupa lemak dibeberapa bagian tubuh terbakar secara bertahap sehingga tidak

   memberi kesempatan lemak menjadi obesitas.

  Latihan senam memperbaiki sikap tubuh menjadi lebih sempurna, badan berdiri tegap, tidak         membungkuk atau membusung. Otot tubuh yang terlatih karena gerakan senam akan terbentuk     lebih kenyal, elastis dan tidak menggelambir sehingga bentuk tubuh tampak ramping.

      

 

      5. Menyembuhkan Ganguan Mata

         Senam tidak hanya berupa gerakan tangan dan kaki, senam khusus seperti senam mata yaitu melatih otot sekitar mata dengan                      gerakan khusus seperti menggerakkan bola mata kekiri dan kekanan, keatas dan kebawah, memfokuskan pandangan pada suatu benda          selama beberapa saat dapat membantu menurunkan resiko rabun jauh dan rabun dekat. Aktivitas yang terlalu sering membaca dalam          waktu lama, berada didepan layar komputer juga memerlukan senam mata agar mata tidak merasa cepat lelah.

     6. Mengurangi Resiko Osteoporosis

        Banyak orang seringkali terlambat mengenali gejala osteoporosis (keropos tulang). Beberapa gerakan senam khusus dapat membantu           menurunkan resiko terjadinya osteoporosis, contoh gerakan senam tersebut adalah latihan pembebanan, gerakan dinamis dan ritmis             serta latihan daya tahan. Senam aerobic low impack adalah jenis senam yang membantu menjaga ketahanan tulang dan persendian.

    7. Membantu Menyembuhkan Penyakit Asma

        Asma merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang daerah pernafasan. Pengobatan asma tidak hanya tergantung pada obat-             obatan namun perbaikan gizi dan olahraga teratur membantu proses penyembuhan berjalan lebih cepat.  Jenis olahraga yang                     disarankan untuk penderita asma adalah senam, sehinga dikreasikan senam khusus penderita asma yang disebut senam asma.

        Senam asma bertujuan melatih cara bernafas lebih baik, meningkatkan fleksibilitas otot pada system pernafasan, meningkatkan                 sirkulasi udara, melatih ekspektorasi lebih efektif dan meningkatkan kualitas hidup lebih baik. Stamina tubuh yang terjaga membantu         penderita asma tidak mudah terserang penyakit, terutama penyakit pernafasan.

 

Keunggulan Senam Dibanding Olahraga Lain :

  1. Senam tidak memerlukan biaya besar
  2. Senam dilakukan dalam keadaan riang gembira
  3. Senam tidak menetapkan target tertentu
  4. Berbagai jenis senam dapat disesuaikan dengan usia dan keadaan khusus, seperti senam lansia dll.

 

Sebelum melakukan senam ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak menyebabkan ganguan atau cedera pada tubuh.

Hal-hal tersebut adalah :

  1. Melakukan peregangan otot sebelum melakukan latihan ini untuk menghindari resiko cedera pada otot dan persendian.
  2. Penderita kelainan jantung sebaiknya tidak melakukan senam yang gerakannya terlalu berat seperti aerobih high impact.
  3. Tidak memaksakan diri melakukan senam berat jika sedang menderita sakit kepala hebat atau sesak nafas.
  4. Khusus ibu hamil harus selalu memantau kesehatan dan kondisi kandungan sebelum melakukan senam hamil, hentikan senam jika muncul flek atau pendarahan.

 

Mengingat manfaat senam sangat banyak, maka olahraga ini diajarkan dimata pelajaran pendidikan jasmani sejak tingkat sekolah dasar, tempat fitness, gymnasium hingga senam masal yang biasa digelar setiap hari kamis pagi di Rumah Sakit  Jiwa Islam Klender.

Begitu banyak manfaat yang kita dapat apabila kita melakukan senam secara rutin, maka marilah kita mulai senam dari sekarang.

 

admin/rsjik